Baru Buka Bisnis? 10 Langkah Aman Wajib Dilakukan


Memulai bisnis melibatkan perencanaan, pengambilan keputusan keuangan penting, dan menyelesaikan serangkaian aktivitas hukum. 

Berikut ini 10 langkah yang wajib dilakukan

1. Riset pasar
Riset pasar akan memberi tahu Anda apakah ada peluang untuk mengubah ide Anda menjadi bisnis yang sukses. 
Tahap ini adalah cara utama dan wajib dilakukan untuk mengumpulkan informasi tentang calon pelanggan dan bisnis yang sudah beroperasi di wilayah Anda. 
Gunakan informasi tersebut untuk menemukan keunggulan kompetitif bagi bisnis yang Anda pilih
Contohnya bila kita punya properti kosong dan Anda punya ide untuk dibuatkan bisnis cafe. Apakah cafe yang akan dibuat nanti laris manis?

Pelajari lebih lanjut tentang melakukan Riset Pasar Bisnis Properti

2. Tulis rencana bisnis Anda
Semua ide usaha pasti baik dan ide harus dituliskan menjadi rencana yang matang.  Jadikan rencana bisnis sebagai peta perjalanan pertumbuhan bisnis Anda. bisnis Anda adalah fondasi bisnis Anda. 
Buat cara menyusun, menjalankan, dan mengembangkan bisnis baru Anda. 

Susunan ide bisnis ini sebagai alat untuk meyakinkan orang bahwa bekerja dengan Anda atau berinvestasi di perusahaan Anda 

Pelajari lebih lanjut tentang Tulis Rencana Bisnis

3. Danai bisnis Anda 
Rencana bisnis Anda akan membantu Anda mengetahui berapa banyak uang yang Anda perlukan untuk memulai bisnis Anda. Jika Anda tidak memiliki jumlah tersebut, Anda perlu menambah atau meminjam modal. Untungnya, ada lebih banyak cara untuk menemukan modal yang Anda butuhkan.

Ingat! Modal bisnis tidak selalu hanya uang yang banyak namun harus dibangun dengan modal uang yang cukup.

Pelajari lebih lanjut tentang pendanaan bisnis.

4. Pilih lokasi bisnis Anda 
Lokasi bisnis Anda adalah salah satu keputusan terpenting yang akan Anda buat. Baik Anda mendirikan bisnis fisik atau meluncurkan toko online, pilihan yang Anda buat dapat memengaruhi pajak, persyaratan hukum, dan pendapatan Anda.

Pelajari lebih lanjut tentang memilih lokasi bisnis Anda

5. Pilih Badan Usaha Bisnis Anda
Struktur hukum yang Anda pilih untuk bisnis Anda akan memengaruhi persyaratan pendaftaran bisnis Anda, jumlah pajak yang Anda bayarkan, dan tanggung jawab pribadi Anda.

Pelajari lebih lanjut tentang memilih legalitas bisnis

6. Pilih nama bisnis Anda
Tidak mudah untuk memilih nama yang sempurna. Anda pasti menginginkan yang mencerminkan merek Anda dan menangkap semangat Anda. Anda juga ingin memastikan nama bisnis Anda belum digunakan oleh orang lain.

Pelajari lebih lanjut tentang memilih nama bisnis

7. Daftarkan bisnis Anda (Perizinan)
Setelah Anda memilih nama bisnis yang tepat, inilah saatnya menjadikannya legal dan melindungi merek Anda. Jika Anda menjalankan bisnis dengan nama yang berbeda dari nama Anda, Anda harus mendaftar ke pemerintah federal, dan mungkin juga ke pemerintah negara bagian Anda.

Pelajari lebih lanjut tentang mendaftarkan bisnis Anda

8. Dapatkan nomor NPWP dan anda akan menggunakan NIB  untuk langkah-langkah penting dalam memulai dan mengembangkan bisnis Anda, seperti membuka rekening bank dan membayar pajak. 
Setiap wilayah Kantor Pelayanan Pajak punya kebijakan masing-masing.
Silahkan berkonsultasi dengan KPP dan kantor PTSP sesuai domisili usaha Anda. 
Anda bisa browse di internet untuk dapat info nomor chat kantor PTSP setempat.

9. Ajukan permohonan  perizinan terkait bisnis Anda, jaga agar bisnis Anda berjalan lancar dengan tetap mematuhi hukum. Lisensi dan izin yang Anda perlukan untuk bisnis Anda berbeda-beda menurut industri, negara bagian, lokasi, dan faktor lainnya.

Pelajari lebih lanjut tentang lisensi dan izin

10.Buka rekening bank bisnis
Rekening giro usaha kecil dapat membantu Anda menangani masalah hukum, pajak, dan sehari-hari. Kabar baiknya adalah mudah untuk menyiapkannya jika Anda sudah menyiapkan registrasi dan dokumen yang benar.

Pelajari lebih lanjut tentang membuka rekening bank bisnis

Sudah lengkap semua?
Selamat!! Anda siap meluncurkan bisnis Anda

Comments